Selasa, 19 Februari 2013

Tiga pulau Pesisir Selatan kawasan konservasi penyu


Painan, Sumbar (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menetapkan tiga pulau kecil di wilayah itu sebagai kawasan konservasi penyu.

Wakil Bupati Pesisir Selatan Editiawarman di Painan Senin mengatakan, Pulau Kerabak Kecil, Kerabak Besar, dan Penyu ditetapkan sebagai pulau untuk pelestarian satwa dilindungi, penyu.

Ia mengatakan, khusus pulau Kerabak Kecil, pemerintah telah membebaskan pengelolaannya dari perorangan. Pulau yang terletak di Kecamatan Sutera itu dijadikan sebagai tempat penangkaran tiga jenis penyu, penyu hijau, belimbing, dan sisik.

"Pulau Kerabak Kecil hingga sekarang masih dijadikan sebagai tempat pendaratan penyu untuk bertelur. Jumlahnya masih banyak, meski demikian harus kita jaga agar penyu-penyu itu tetap bertahan dan hidup di sana," kata dia.

Telur penyu di tiga pulau itu tidak semuanya diambil untuk dikonsumsi, tetapi juga sebagian disisihkan untuk ditetaskan menjadi tukik (anak penyu).

Telur yang disisihkan itu ditetaskan di tempat-tempat penangkaran di Pulau Kerabak Besar, Penyu dan Kerabak Kecil hingga menjadi tukik. 

Di penangkaran, kata dia, tukik itu akan diperlakukan istimewa dengan menerapkan pemeliharaan yang baik oleh petugas. Hingga batas waktu yang telah ditentukan, anak-anak penyu itu dilepas kembali ke laut dengan harapan menghasilkan telur dan bibit penyu yang berkualitas.

Menurut dia, melepas anak penyu ke laut lepas merupakan salah satu langkah pemerintah kabupaten dalam pelestarian penyu, karena selama ini keberadaan populasi hewan itu terancam punah.

Masyarakat cenderung mengambil semua telur penyu karena bernilai ekonomi tinggi.

Meski belum menjadi mata pencaharian masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir pantai, namun setidaknya penyu di kabupaten itu telah memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat setempat.

"Pelestarian dengan melakukan penangkaran sebelum dilepas ke laut perlu dilakukan. Jika tidak, kelangkaan penyu bakal terjadi pada masa mendatang," katanya.

Ia mengatakan, sebagai upaya pelestarian, Pemkab juga membeli telur penyu yang dikumpulkan dari masyarakat untuk selanjutnya ditetaskan pada tempat-tempat penangkaran. 



Sumber : KLIK DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar